Wednesday, October 12, 2011

hijab merupakan perintah wajib untuk tiap wanita muslim

Belum siap ni pake hijab. Duuuh.. kelakuan saya kan masih kaya gini, nggak apa-apa deh kalo hati saya yang dijilbabin dulu, baru nanti fisiknya. Sering ya kita denger ucapan-ucapan itu disekeliling kita... Namun, bagaimana cara kita saat mendengar, bahkan menghadapi langsung ucapan-ucapan itu dari orang terdekat kita sendiri..
berikut tipsnya :

# Faktanya kamu lebih cantik kok kenyataannya pake hijab, nggak percaya? coba deh kamu buktiin sendiri. Tapi, kadang orang masih aja ada ketakutan-ketakutan yang sebenernya sih gak penting, contoh : "tapi aku ngerasa aneh sendiri deh kalo pake jilbab diantara orang-orang yang dominan gak pake jilbab.. ". Nanggepin itu jangan langsung jawab ketus jg, sesama muslim gurls, tegurnya baik-baik aja.

Coba deh pelan-pelan mengajarinya pake hijab sedikit demi sedikit, apalagi sekarang kita bisa kreasiin berbagai macam model hijab modern (tapi gak ninggalin syar'inya), jadi ngajarin pakenya tambah seru juga kan....:), terus mengajaknya banyak ngobrol-ngobrol ringan tentang nikmatnya berhijab, berhijab banyak untungnya dan absolutely gak ada ruginya, selain  kita jadi lebih dihargai oleh laki-laki, kita juga akan lebih aman dari gangguan jahat para lelaki. Paling walaupun masih ada yang gangguin, paling banter bilang assalamualaikum.. kita ambil positifnya aja, jauh lebih baik dipanggil dengan ucapan salam, daripada kita dicolek-colek... ya gak gurls :)

dan ini dia ayatnya yang menyuruh para laki-laki agar menjaga pandangannya:

Q.S An-Nur 30:
"Katakanlah kepada laki-laki yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu lebih suci bagi mereka. Sungguh, Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat."

# orang berhijab supaya istiqomah juga nggak instan dan nggak bisa dipaksain.. Karena niat berhijab harus dari lubuk hati sendiri. Kalo misal orang tersebut masih ngeyel juga, boleh kok kita sedikit tegas. Kita ingatkan aja tentang aya-ayat dalam Al-Qur'an perintah wajib berhijab bagi para wanita muslim. Berhijab bukan untuk menunggu kapan siap, tapi karena memang wajib!

Inilah ayat-ayat yang menyuruh para wanita muslim untuk berhijab:
1.Q.S An-Nur 31
Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung kedadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita…” 

2. Q.S Al-Ahzab 59 
"Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu, dan istri-istri kaum mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah di kenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang "

tafsir:
Allah Ta`ala menyuruh Rasulullah agar ia menyuruh wanita-wanita mukmin, terutama istri-istri dan anak-anak perempuan beliau karena keterpandangan mereka, agar mengulurkan jilbab keseluruh tubuh mereka. Sebab cara berpakaian demikian membedakan mereka dari kaum jahiliah dan budak-budak perempuan. Dengan kata lain, hijab adalah identitas yang membedakan mereka dengan kaum jahiliah dan budak-budak perempuan.

Memakai hijab harus yang sesuai syar'i (menutup dada dan tidak transparan). Hal ini juga harus diikuti dengan pemakaian busana yang longgar (tidak memperlihatkan aurat dan lekuk tubuh).

Q.S Al-Ahzab 33:
"Dan hendaklah kamu tetap dirumahmu dan janganlah kamu berhias dan jangalah kamu melakukan tabarruj (mengumbar aurat) sebagaimana tabarrujnya orang-orang jahiliyah dulu."

tafsir :
Istri-istri Rasul agar tetap dirumah dan keluar rumah bila ada keperluan yang dibenarkan syara'.

Q.S Al-A'raf 26:
"Wahai anak cucu adam! Sesungguhnya Kami telah menyediakan pakaian (hijab) untuk menutupi auratmu dan untuk perhiasan bagimu. Tetapi, pakaian takwa (hijab) itulah yang lebih baik. Demikianlah sebagian tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka ingat. "

Semoga yang saya tuliskan disini dapat bermanfaat ya. Gak bermaksud menggurui, tapi semata-mata hanya untuk berbagi ilmu demi kebaikan sesama muslim.. Jadi, kalo ada orang yang masih kekeh bilang hatinya dulu yang dijilbabin, baru fisiknya...ternyata itu sungguh setan telah menyesatkan dengan kesesatan yang nyata, buktinya sudah berhasil membentukkan persepsi dan ketakutan-ketakutan yang salah kedalam pikiran kita! Kenapa lantas kita jadi lebih takut kepada bisikan-bisikan setan yang sudah jelas salah, daripada takut terhadap ayat-ayat Allah yang sudah terbukti kebenarannya? padahal sudah jelas banyak sekali ayat-ayat Al-Qur'an bahwa berhijab itu wajib. Dengan berhijab fisik dahulu, justru hati akan ikut terhijabi. Jelas kita akan lebih menjaga ucapan dan tingkah laku kita serta hijab mencegah kita dari perbuatan-perbuatan tercela.

Nah, ladies muslimah yang cantik luar dan dalam, jadi begitu.. hijab bukan untuk menunggu kapan kita siap, namun siap nggak siap memang sudah menjadi kewajiban yang harus dilaksanakan, sama seperti kewajiban-kewajiban lain, seperti sholat, puasa, zakat, dan lain-lain. Namanya juga kewajiban ibadah, kalo kita laksanakan segera dapat pahala dan surga, tapi kalo kita tunda-tunda terus malah dapat dosa dan neraka. Iya, kalo usia kita saat ini masih sampai, kalo misalnya usia kita pendek dan kita belum berhijab, apa kita nggak menyesal? padahal selama kita hidup, kita masih punya banyak kesempatan untuk berhijab. Yuk kita niatkan segala sesuatunya demi Allah SWT. :) Kalau ikhlas memang harus dipaksakan, kalo nggak lalu kapan kita bisa ikhlas... :).

written by : Intan Shabriy

hijab dari segi ilmiah/kedokteran

Jilbab/hijab berguna bagi kesehatan, terutama mencegah munculnya penyakit dan kelainan pada kulit yang disebabkan oleh sinar matahari, kata pakar ilmu kesehatan dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Dr. Warih Andan Puspitosari.

“Sinar matahari dapat menimbulkan berbagai kelainan kulit, seperti sunburn (kulit merah-merah), solar keratosis, solar urticaria, photosensitivity, dan kanker kulit,” katanya. Menurut ia, jilbab berguna untuk menutupi kulit untuk meminimalkan sapuan sinar matahari di kulit. Apalagi, sekarang lapisan ozon semakin menipis akibat pemanasan global.

“Kondisi itu menyebabkan sinar ultraviolet memiliki potensi lebih besar untuk mengenai kulit secara langsung tanpa disaring terlebih dulu oleh lapisan ozon,” kata dosen Fakultas Kedokteran UMY itu. Ia mengatakan, berjilbab juga bisa melindungi para muslimah dari berbagai pelecehan seksual. Saat ini kasus kekerasan dan pelecehan seksual di kalangan remaja cukup memprihatinkan.

“Pada remaja berusia 12-21 tahun telah terjadi 137 kasus kekerasan dalam pacaran, 44 kasus pelecehan seksual, dan 78 kasus pemerkosaan,” katanya. Selain itu, berdasarkan data konseling PKBI Daerah Istimewa Yogyakarta pada 2007, angka kehamilan tidak diinginkan pada usia SMP sampai perguruan tinggi mencapai 430 kasus.

Nah, bagaimana dengan tingkat pelecehan seksual saat ini di tahun 2011? Semoga makin bisa terkurangi bahkan semoga cenderung tidak ada lagi, karena banyaknya wanita muslimah yang telah sadar akan kewajibannya berjilbab ya.. Amin :). InsyaAllah jika kita sadar dan takut semata-mata karena Allah SWT, niscaya Ia akan senantiasa melindungi kita, seperti firman-firmanNya dalam Al-Qur'an. Subhanallah.....

sumber : kompas.com

Monday, October 10, 2011

another tone the outerwear from new york&paris street style



 

So impressive..

i was so inspired with this outerwear

Seperti biasa, hari ini aku surfing desain-desain terbaru fashion dunia (#penasaran...red). Ternyata ada cool stuff  keren lho! Taraaa... it's an adorable outwear! Padahal, ini adalah rancangan fashion week New York & Paris tahun 2010 lho! Tapi, tetep stunning ya gurls :)


paris street style at the fashion week


new york street style at the fashion week (shapeless coat)


new york street style at the fashion week (a printed coat opened down to her knee)

Sunday, October 9, 2011

Bedapatan

Alhamdulillah....Setelah tiga bulan tinggal dibalikpapan, akhirnya punya temen-temen dari komunitas-komunitas., seperi B!Blogger, NBC (Nulis Buku Club) Balikpapan, Dapur Balikpapan, KHG (Kami Hanya Gamers), Kaskuser Balikpapan, Kamus Balikpapan, dan masih banyak lagi. 

Dan Semalam, pada tanggal 8 Oktober 2011, pukul 19.00 WITA, di Lamin Pondok Cafe, Balikpapan, blogger-blogger Balikpapan mengadakan kopdar untuk semua komunitas yang ada dibalikpapan. Mereka juga mengundang mba Aulia Halimatussadiah, founder dari Nulisbuku yang lebih kita kenal dengan panggilan mba ollie untuk hadir dan memberi materi. Nah, aku ngefans banget nih sama sista satu ini. Semalem doi pk dresscode serba pink..ihhhiy..Selain doi berprofesi sebagai penulis, doi juga menginspirasi fashion style-nya buatkyu..:D.  Kalo gak percaya liat aja mix and matchnya mba ollie yang kece di blognya http://salsabeela.onsugar.com.

Selain itu, ada mas Bambang Herlandi juga yang hadir. Beliau adalah Ketua dari B!Blogger, CEO Techno Balikpapan, serta seorang aktivis sosial, pokoknya beliau adalah salah satu orang yang paling berpengaruh di Balikpapan ini lah... Tapi, beliau memang benar-benar orang yang patut diacungi jempol deh, karena walau terkenal di Balikpapan dan di dunia per bloggeran, orangnya tuh supel dan low profile banget.. ^_^

Walau dari HSC daku sendiri yang hadir, soalnya waktu tau ada event ini dadakan baget taunya..hehhe..jadi temen-temen HSC Bpp sendiri, banyak yang udah punya kesibukan sendiri-sendiri sebelum tau ada acara ini. Namun, gak mematahkan semangatku untuk pastinya tetep eksis..hihihii... Pertama-tama agak merasa gak pede sih, apalagi pada saat harus ngomong di depan orang banyak..heheh..tapi alhamdulillah temen-temen dari komunitas yang lain menyambut baik. Jadi, cepat langsung berbaur satu sama lain, gak merasa sendirian lagi deh...cihhuyy...



Bedapatan itu bahasa banjar yang artinya ketemuan, atau bahasa kerennya lagi gathering geto...


ini dia saat menegangkan itu, yang bikin jantung sempet copot #momen memperkenalkan diri mewakili HSC....deg-degan cyiiin...ckckck


teteuupp eksis n narsis #walau masih berasa deg-degannya..


Ini dia yang namanya mas Bambang Herlandi..


mba ollie dikau keren banget deh kalo lagi speaking di depan ;)


with mba ollie


 mba ollie sama akyu eksis....teteuup #kapan lagi gitu loh bisa foto-foto sama doi :D


sesi makan-makan..ini dia yang ditunggu, tapi daku gak ikut makan malam, soalnya lg program diet..hadeeh padahal makanannya enak-enak lho, ada sate udang, sapi lada hitam, pepes ikan dll..



 

ini dia momen yang paling daku suka, putu-putu bareng mila sama annisa dan mba ollie...sesuatu bangeeetz


ini dia sponsor kita dari US embassy, Miss Corina and Mr. Maverick ;)


We're in the media Kaltim Post ;)